Wajib atau Tidak? Vaksin Meningitis untuk Haji & Umrah


Primajoss | Arab Saudi kembali mewajibkan vaksin meningitis bagi jemaah umrah musim mendatang 1445 H/2024 M. Hal ini tertulis dalam dokumen persyaratan kesehatan dan rekomendasi bagi jemaah umrah yang dibagikan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Meningitis adalah peradangan pada selaput otak yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyakit ini perlu diwaspadai karena berisiko menimbulkan komplikasi berbahaya, seperti gangguan pendengaran, masalah penglihatan, hingga kerusakan otak. Karena itu, sebagai upaya mencegahnya, penting bagi setiap individu untuk mendapatkan vaksinasi meningitis secara rutin sesuai dengan jadwal.

Vaksin meningitis juga menjadi salah satu syarat vaksin untuk ke luar negeri apabila ingin bepergian ke daerah endemik meningitis, seperti negara di Afrika Tengah, Timur Tengah, Tiongkok, Australia, dan Amerika Selatan. Selain itu, tenaga medis pun dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi meningitis karena memiliki risiko tinggi terjangkit penyakit berbahaya tersebut.

Persyaratan vaksin tersebut setidaknya terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu vaksin yang diwajibkan, vaksin yang direkomendasikan dan tindakan pencegahan yang dilakukan oleh otoritas kesehatan di titik masuk.

Vaksin meningitis atau meningitis meningokokus termasuk dalam kategori vaksin diwajibkan bagi seluruh jemaah umrah usia di atas satu tahun. Vaksin ini berlaku bagi semua negara tanpa terkecuali.

Adapun jenis vaksin meningitis yang diterima antara lain Vaksin Polisakarida Quadrivalent (ACYW), 10 hari sebelum kedatangan dan tidak boleh lebih dari 3 tahun.

Vaksin Konjugasi 1 Quadrivalent (ACYW) dalam 5 tahun terakhir, dan minimal 10 hari sebelum kedatangan.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengingatkan agar Otoritas Kesehatan di negara asal jamaah harus memastikan vaksinasi mereka sesuai dengan masa berlaku yang disyaratkan dan memastikan bahwa jenis vaksin dan tanggalnya tercantum dengan jelas dalam sertifikat vaksinasi.

Tidak ada komentar untuk "Wajib atau Tidak? Vaksin Meningitis untuk Haji & Umrah"